Kelembak Kemenyan Khas Desa Maruyungsari

- Juni 25, 2016
advertise here
advertise here
Kelembak Kemenyan Khas Desa Maruyungsari - Tanaman tembakau merupakan tanaman semusim, tetapi di dunia pertanian termasuk dalam golongan tanaman perkebunan dan tidak termasuk golongan tanaman pangan. Tanaman tembakau termasuk dalam famili solanaceae dengan genus yang banyak dibudidayakan nicotiana. species komersial Nicotiana tabaccum dan Nicotiana rustica. Dari kedua species tersebut yang banyak dibudidayakan pada umumnya adalah Nicotiana tobacum karena memiliki arti ekonomi penting.

Tanaman tembakau (Nicotiana tabaccum) daunnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan rokok. Usaha Perkebunan tembakau merupakan usaha padat karya karena penyerapan tenaga kerja dibidang usaha tani tembakau akan lebih banyak jika dibandingkan dengan pertanian padi, pertanian tembakau memerlukan tenaga kerja hampir tiga kali lipat

Komoditi tembakau di Jawa Barat termasuk salah satu komoditas strategis, ditetapkan berdasarkan ketentuan :
  • Merupakan komoditas andalan perkebunan daerah secara teknis budidaya sudah memasyarakat
  • Sangat dikenal dan dikuasai oleh sebagian besar pelaku usaha perkebunan didaerah
  • Wilayah penyebarannya secara kuantitaif dan kualitatif merata didaerah
  • Merupakan komoditas historis berkelanjutan
  • Secara ekonomi dapat diandalkan dalam menunjang kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah.

Kelembak Kemenyan Khas Desa Maruyungsari

Khususnya tembakau di Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang memiliki cita rasa tersendiri yang biasa masyarakat sana disebut dengan “Tembakau Kelembek Kemenyan”, hal ini disebabkan pembahan kemenyan putih dalam setiap lintingan tembakau, menurut salah satu masyarakat Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang ketika di rokok dibakar akan menimbulkan aroma yang khas dan rasa yang nikmat.

Hasil tembakau Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang di konsumsi langsung oleh masyarakatnya sendiri dan tembakau kelembek kemenyan ini juga sangat diminati oleh para pengusaha rokok di Kabupaten Cilacap - Jawa Tengah, dengan ciri khas yang beda dari yang lain selain itu juga lokasi Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang dekat dengan perbatasan Kabupaten Cilacap. Harga tembakau kering Desa Maruyungsari  ±Rp. 160.000,-/kg.  Harga tembakau yang cukup tinggi di bandingkan dengan daerah penghasil tembakau di Jawa Barat pada umumnya yang mencapai Rp. 30.000-, s/d Rp. 40.000,-. Dari hasil tembakau di Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya.


Dicopas dari http://disbun.jabarprov.go.id/bptp/id/post-detail/51/Tembakau-Kelembak-Kemenyan-Khas-Desa-Maruyungsari-Kecamatan-Padaherang-Kabupaten-Pangandaran | Penulis : BPTP DISBUN JABAR | Oleh : Yuda Muhammad Zaelani, SP.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search