Sejarah Singkat Desa Maruyungsari, Padaherang, Pangandaran

- Oktober 20, 2014
advertise here
advertise here
Sejarah Singkat Desa Maruyungsari, Padaherang, Pangandaran - Beberapa hari yang lalu, masyarakat desa Maruyungsari mengadakan sebuah acara yang di beri judul Gerak Jalan Sehat bersama 5000 Peserta dalam rangka HUT Desa Maruyungsari yang Ke-34. Dimana acara HUT Desa Maruyungsari tersebut tidak hanya Gerak jalan sehat saja, akan tetapi bebagai acara pun di buat, seperti pembagian hadiah lomba agustusan, undian berhadiah dari sponsor, dangdutan dan masih banyak yang lain tentunya.

Dari keceriaan lomba dan acara ulang tahun desa, masih banyak masyarakat yang belum tahu dengan sejarah desanya sendiri. Konon katanya bahwa Desa Maruyungsari adalah bagian daripada Desa Paledah yang kemudian mekar pada tahun 80 an menjadi desa sendiri. Mungkin lebih tepatnya pada tahun 80 an menuju tahun 90 an. Dibawah ini akan saya ceritakan sejarah singkat Desa Maruyungsari dari versi bapak Solehudin.

Sejarah Singkat Desa Maruyungsari
Beberapa Warga Sedang Berada Di Depan Kantor Desa Maruyungsari

Sejarah Singkat Desa Maruyungsari, Padaherang, Pangandaran

Desa Maruyungsari berdiri kurang lebih Tahun 1980. Merupakan pemekaran dari Desa Paledah, yang dulunya merupakan Dusun Tarisi dan Dusun Anggaraksan.Nama Maruyungsari diambil dari nama sebuah tempat leluhur di kawasan Dusun Maruyungsari yaitu Mruyung yang berarti pohon Jambe/Pinang. Konon tempat ini dulunya tempat persinggahan seorang pembesar kerajaan. Menurut sesepuh Desa Maruyungsari, tempat ini sekarang dihuni oleh leluhur yang bernama Mbah Banda Yuda yang katanya mengayomi pertanian di Desa Maruyungsari. 

Oleh karena itu setiap musim tanam dan di bulan Syuro sering diadakan upacara selamatan. Sejak berdirinya sampai sekarang pemerintahan Desa Maruyungsari telah dipimpin oleh 4 (empat) orang lurah/kuwu/kepala desa. Pertama oleh lurah Sukra Sumiarjo kartiker pada awal pemekaran. Saat itu terdiri dari 4 Dusun yaitu Dusun Maruyungsari, Tarisi, Julang dan Anggaraksan. 

Sejarah Singkat Desa Maruyungsari
Penyerahan Hadiah Dalam Acara HUT Desa Maruyungsari/ Foto Dari Fb Bpk. Solehudin

Kemudian di tahun 1983 diadakan pemilihan kepala desa I dengan lurah Umar sebagai penerus kepemimpinan di Desa Maruyungsari selama 2 periode yaitu tahun 1984 – 1992 dan 1993 - 1997. Dilanjutkan oleh lurah Marmin Sujarmo dari tahun 2000 – 2005 dan kepala desa yang sekarang menjabat adalah lurah Turino periode tahun 2007 – 2013. Diselang periode itu berperan sebagai kartiker adalah Sekdes/Carik Bahrudin (1992-1993) dan carik Somadin (1997 – 2000) dan (2005 – 2007).

Itulah sedikit kisah tentang Sejarah Singkat Desa Maruyungsari, Padaherang, Pangandaran. Semoga apa yang di cita-citakan masyarakat Desa Maruyungsari menjadi terwujud, dan menjadikan desa kita tercinta ini menjadi semakin Maju dan sejahtera di dalam segala bidang. Terimakasih dan salam sukses selalu untuk anda semuanya.

Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search